Dinkes Manado akan Tambah Armada Pusling di Bunaken

Headline, Manado197 views

Manado, Sumber Berita ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado berencana akan menambah armada Puskesmas Keliling (Pusling) Laut, yang beroperasi di Kepulauan Bunaken.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Manado, dr. Steaven P Dandel, MPH kepada media ini, pada Senin (08/08/2022).

Dandel menjelaskan, Kepulauan Bunaken sebenarnya memiliki 1 armada puskesmas keliling, namun masih dalam tahap perbaikan.

“Kepulauan Bunaken memang memiliki armada puskesmas keliling laut pada pengadaan tahun-tahun sebelumnya, yang beroperasi untuk menjangkau warga di seputaran kepulauan dan juga memiliki fungsi sebagai ambulans laut untuk warga yang akan dirujuk ke rumah sakit besar di darat, namun saat ini 1 armada itu masih dalam keadaan rehab untuk dipakai,” ujar Dandel yang merupakan mantan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut ini.

Dandel menambahkan, nantinya Kepulauan Bunaken akan memiliki 2 unit armada puskesmas keliling laut untuk melayani warga kepulauan.

“1 unit kami usulkan dalam DAK fisik tahun 2023. Jadi nantinya, akan ada dua armada puskesmas keliling laut di kepulauan Bunaken dan sekitarnya, semoga cepat di realisasikan tahun depan, agar pelayanan kesehatan di Kepulauan Bunaken bisa optimal,” tukasnya.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *