oleh

Pemkot Manado Peringati Hari Pahlawan dengan Mengelar Upacara

Manado, Sumber Berita ID -Pemerintah Kota Manado mengadakan upacara bendera pada Rabu (10/11). Ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2021.
Di kesempatan itu, Walikota Manado, Andrei Angouw bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia juga mewakili sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dalam momentum kebangsaan tersebut.

Salah satu pesan utama dalam sambutan, yakni meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu untuk mengalahkan “penjajah-penjajah” masa kini.

“Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita buktikan pada dunia, kalau kita bersama pasti bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan. Karena kita adalah anak dan cucu kandung para bapak bangsa, semangat dan tekad mereka harus bisa menginspirasi kita dalam mengalahkan musuh yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas,” buka Walikota.

“Ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan tahun 2021, ‘Pahlawanku Inspirasiku.’ Tantangan terbesar kita juga saat ini adalah bagaimana meningkatkan kerja keras, kreativitas, dan semangat pantang menyerah demi mewujudkan cita-cita itu,” tambah Andrei.

Indonesia yang tidak lama lagi memasuki era bonus demografi, akan menimbulkan dampak positif dan negatif secara bersamaan. Walikota ingin menjadikan momentum ini sebagai motivasi dalam menghadapi tantangan tersebut.

“Kita kedepan akan masuk pada periode dimana tingkat produktifitas tenaga kerjanya lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga, ini berpotensi mengurangkan lapangan pekerjaan yang ada. Ini harus menjadi cambuk bagi kita untuk semakin meneguhkan kesatuan dan persatuan, dalam menghadapi hal-hal itu,” ungkap Andrei.

“Melalui momentum ini mari kita sama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan, rasa tanggung jawab, serta penghargaan kepada para pahlawan untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara. Kita lakukan ini sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” himbaunya.

Pandemi Covid-19 yang belum usai juga menjadi rintangan tersendiri bagi masyarakat, untuk mengaplikasikan nilai-nilai pahlawan tersebut. Namun Andrei mengajak semua pihak untuk tetap berpegang pada hal itu, sembari menjadikannya dasar perjuangan untuk bisa bertahan dan keluar dari masa sulit ini.

“Jadikanlah nilai-nilai kepahlawanan ini sebagai inspirasi dalam setiap langkah kita untuk berkreasi. Karena setiap kita juga bisa memulainya dengan jadi pahlawan ekonomi di keluarga masing-masing. Kita harus jadi pemenang di era normal baru saat ini,” tandasnya menutup sambutan.

Upacara dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Manado, Staf Khusus Walikota Manado, dan elemen lainnya. (lipsus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed