Dinsos Manado Lakukan Verifikasi dan Validasi Penerima Bantuan

Manado, Sumber Berita ID – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kota Manado tengah melakukan verifikasi dan validasi, terhadap masyarakat yang menjadi penerima bantuan pemerintah di Kepulauan Bunaken.

Kepala Dinas Sosial Kota Manado, Sammy Kaawoan mengatakan, tujuan dari verifikasi dan validasi data tersebut untuk memastikan bantuan yang akan di sebarkan nanti tepat sasaran.

“Saat ini kami mempersiapkan untuk melakukan verifikasi secara menyeluruh, termasuk melakukan validasi bagi masyarakat yang akan mendapatkan bantuan. Ini dilakukan agar masyarakat yang di Kepulauan Bunaken ini benar-benar layak menerima bantuan,” kata Kaawoan, pada Selasa (15/11/2022).

Ia pun meminta para pekerja sosial melakukan pendataan dengan benar para masyarakat penerima bantuan dari pemerintah ini.

“Para pekerja sosial baik dari koordinator maupun pendamping, wajib untuk melakukan pendataan para masyarakat yang menerima bantuan sosial dengan benar, khususnya untuk bantuan dari pemerintah,” kata Kaawoan didampingi Kepala Bidang Penanganan Sosial Fakir Miskin Audy Rumengan, dan Sekretaris Dinas Sosial Selvi Lasut.

Menurut Kaawoan, pendataan tersebut berlaku bagi program bantuan sosial (Bansos), agar dapat disalurkan tepat sasaran.

“Semua bentuk bantuan yang diberikan pemerintah itu, harus benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan, makannya sangat penting data dari para pekerja sosial ini,” jelasnya.

Selain itu para pekerja sosial ini diharapkan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait dengan peruntukan pemberian bantuan dari pemerintah.

“Sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat, yaitu bantuan yang diberikan pemerintah hanya dikhususkan bagi warga yang kurang mampu,” jelasnya.

Ia pun mengharapkan kepada seluruh perangkat desa dan kelurahan untuk membantu para pekerja sosial tersebut melakukan pendataan, dan pendampingan kepada masyarakat.

“Kepada para perangkat desa dan kelurahan wajib mendukung kerja dari para pekerja sosial ini, dengan melakukan pendampingan saat melakukan pendataan di lapangan,” tandasnya.(don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *