Langsung Action, Anak Sungai Tikala Dinormalisasi

Manado, Sumber Berita ID – Permasalahan banjir menjadi salah satu yang akan diselesaikan diawal pemerintahan Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang.

Hanya berselang beberapa hari dari semenjak hujan deras yang melanda Kota Manado dan sekitarnya beberapa waktu lalu, normalisasi anak sungai di Tikala langsung dilakukan.

Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang didampingi Sekretaris Kota Manado Micler C.S. Lakat dan Kadis PUPR John Suwu langsung turun lapangan melihat situasi dan kondisi anak sungai dan parit di Tikala, pada Rabu (21/07).

Walikota bersama rombongan melihat langsung proses pembersihan dan pengerukan serta pelebaran sungai yang sedang dilakukan. Seperti diketahui, di lokasi ini memang sering terjadi luapan air kejalan dari POM bensin hingga ke lapangan Tikala.

Kunjungan hari ini adalah lanjutan dari kunjungan-kunjungan sebelumnya Walikota yang mana saat itu Walikota Manado meninjau beberapa tempat dan lokasi jalan yang tergenang air.

Hujan berjam-jam membuat beberapa jalan disekitar ini terjadi genangan air bahkan berimbas pada jalan-jalan sepanjang anak sungai ini tergenang air.

Makanya setelah dianalisa mengapa air meluap kejalan, sumbernya dari mana dan faktor-faktor penyebab lainnya.

“Dari hasil kunjungan lapangan ini sangat jelas bahwa sebagian besar saluran air terutama parit dan drainase tidak mampu lagi menampung debet air yang cukup besar. Selain parit dan anak sungai mengecil, juga disebabkan drainase dan parit-parit dipenuhi banyak sampah,” kata Walikota.

Keadaan inilah yang membuat air didalam parit dan drainase yang tersumbat bukan lagi melalui drainase dan parit tersebut tetapi keluar ke jalan di lorong-lorong dan menggenangi beberapa ruas jalan protokol.

“Semua hasil dilapangan ini tentunya menjadi bagian kajian dan analisa dalam rangka pembuatan program penanggulangan banjir kedepan,” tutup Walikota.(bonds)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *